Kick Off Inventarisasi BMD Tahun Anggaran 2023




(BPAD, Jakarta) BPAD Provinsi DKI Jakarta menggelar acara Kick Off Inventarisasi (sensus) Barang Milik Daerah (BMD) berupa gedung dan bangunan yang diselenggarakan di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta, acara tersebut dihadiri oleh Sekda DKI Jakarta Kepala BPAD DKI Jakarta, serta Kepala dari PD/UKPD lainnya dengan total kurang lebih sebanyak 200 tamu undangan.
Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono, dalam sambutannya Joko mengatakan dengan adanya inventarisasi ini diharapkan bisa memetakan dan memiliki data yang lengkap mengenai aset.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono
"Dengan inventarisasi seperti ini kita harap bisa memetakan dan bisa memiliki data yang lengkap mengenai aset sehingga, kita bisa merencanakan dan memanfaatkan aset tersebut dengan baik," kata Joko. Menurutnya, saat ini pendapatan DKI Jakarta sangat bergantung pada pajak daerah.
Pada kesempatan tersebut Sekda DKI Jakarta memberikan langsung barcode Inventarisasi BMD kepada Iqbal Akbarudin, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat; Taufan Bakrie, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta; dan Iwan H Wardhana, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. 
Pada tahun ini, Inventarisasi BMD akan dimulai dengan gedung dan bangunan yang berada dalam penguasaan 620 PD/KPD Pengguna Barang, terdiri dari 19.388 register gedung dan bangunan; 592 perangkat daerah dan unit kerja perangkat daerah yang memiliki kurang dari 100 register gedung dan bangunan; dan 28 perangkat daerah dan unit kerja perangkat daerah memiliki lebih dari 100 register gedung dan bangunan.
“Atas kondisi tersebut, saya harap Perangkat Daerah dan Unit Kerja Perangkat Daerah yang memiliki register gedung dan bangunan di bawah 100 register pada KIB C, dapat menyelesaikan 100% peginputan data dan informasi BMD pada triwulan III ini, dan untuk 28 Perangkat Daerah dan Unit Kerja Perangkat Daerah perlu lebih aktif, membentuk tim tim kerja  dengan menyusun strategi khusus guna mencapai target penyelesaiannya 100% pada triwulan keempat.” tambah Joko Agus Setyono.

Plt. Kepala BPAD DKI Jakarta, Lusi Herawati
Plt. Kepala BPAD DKI Jakarta, Lusi Herawati turut menyampaikan bahwa kegiatan Inventarisasi BMD tahun 2023 ini akan menjadi sasaran khusus rencana kinerja para kepala perangkat daerah dan para kepala unit kerja perangkat daerah, dengan target capaian kinerja di tiap triwulannya. "Saya harapkan semua kepala perangkat daerah dapat berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan Iventarisasi BMD gedung dan bangunan tahun 2023." ujar Lusi.
Kegiatan Inventarisasi BMD tahun ini dimudahkan dengan aplikasi e-Inventarisasi BMDyang terdapat dalam versi desktop dan mobile application. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut, kinerja para kepala PD/UKPD dapat tercapai dengan lebih mudah melalui integrasi sistm inventarisasi BMD dengan sistem e-TTP.

Kembali ke halaman berita