UPMA menghadiri Pelaksanaan Beauty Contest Optimalisasi BMD Pemanfaatan Rumah Potong Hewan Rawa Terate yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, kelautan dan pertanian serta BLUD Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan Dan Peternakan DKI Jakarta




(BPAD, UPMA) Unit Pengelola Manajemen Aset (UPMA) bersama Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan Dan Peternakan (Pusyankeswannak) Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta (DKPKP) mengadakan Beauty Contest Penunjukan Langsung terhadap Perumda Dharma Jaya untuk pemanfaatan aset Rumah Pemotongan Hewan Unggas Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (12/4).

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap banyak kepada perusahaan-perusahaan dan BUMD, untuk dapat mengoptimalisasikan aset di DKI Jakarta”. Kata Riswan disela-sela pembukaan pertemuan ini.

Selanjutnya acara tersebut dipandu oleh tim panitia beauty contest BLUD Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan Dan Peternakan DKPKP, Renova Ida Siahaan selaku Kepala Pusyankeswannak. Renova menjelaskan KAK Kerjasama pemanfaatan mesin conveyor. “Kerjasama diharapkan ini akan meningkatkan pendapatan BLUD dan BUMD dari tujuan pendagunaan dan pemeliharaan dan fasilitas mesin pemotong otomatis, dan mendukung percepatan. Penilaian dilakukan berdasarkan pemaparan yg di lakukan oleh Perumda Dharma Jaya mengenai konsep pemanfaatan aset tersebut," Ujar Renova. Pada saat ini beauty contest dilakukan dengan cara penunjukan langsung terhadap Perumda Dharma Jaya.


Foto. Pelaksanaan kegiatan Rapat pemanfaatan aset Rumah Pemotongan Hewan Unggas Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur

Sementara itu Gunawan dari Perumda Dharma Jaya memaparkan konsep pemanfaatan Aset RPHU Rawa Terate dan menjelaskan tentang proses menyembelihan sampai dengan penyimpanan mulai dari  menjaga ayam ASUH (Aman Sehat Utuh Halal) serta hygiene dan sanitation yang bermula dari datangnya unggas, pemeriksaan antemortem, penyembelihan, pengeluaran darah sampai pencucian, pendinginan karkas, dan berakhir pada prose pengemasan pelabelan dan penyimpanan karkas/daging.

Untuk menjaga operasional mesin potong Dharma Jaya diminta untuk melakukan proses maintenance peralatan, dimana maintenance tersebut yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Alat conveyor harus selalu dicek kondisinya terutama  pengecekan karet dari flaker yang harus di lakukan setiap hari, karena akan mempengaruhi kinerja alat, dan pengecekan mesin juga harus di pastikan dilakukan secara rutin sesuai jadwal harian, mingguan, bulanan, per 6 bulanan dan tahunan,

Lebih lanjut Ade Rahmayadi selaku tenaga ahli BPAD menjelaskan proses beauty contest yang di lakukan di UPMA “Aset itu merupakan Amanah pada saatnya nanti dikembalikan jika tidak lagi bekerjasama maka aset tersebut mestinya harus masih dapat digunakan. Dengan diberikannya pengelolaan RPHU Rawa Terate kepada Perumda Dharma Jaya merupakan kesempatan yg baik untuk mengemban Amanah tersebut," Tegas Ade.



Red. (adt)


Kembali ke halaman berita