Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Terima Hibah Pesawat Udara Dari TNI AU




(BPAD, Jakarta) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima Hibah dari TNI Angkatan Udara (TNI AU) berupa Pesawat Udara Sky Hawk A4. Hibah tersebut merupakan bentuk sinergitas, kerja sama sekaligus sebagai bentuk dalam menghargai sejarah dan rasa cinta Tanah Air. Pesawat Udara Sky Hawk A4 merupakan pesawat yang telah mengudara dalam menjaga kedaulatan NKRI dan mengakhiri pengabdiannya selama 24 tahun lamanya yang kini diberikan dalam bentuk hibah kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupa Monumen di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono dalam sambutannya mewakili Pj. Gubernur DKI Jakarta menyatakan menyambut baik kehadiran pesawat A4 Sky Hawk di Taman Seno sebagai dukungan TNI AU dalam memperindah ruang terbuka hijau di Jakarta serta mengedukasi masyarakat akan sejarah pesawat A4 Sky Hawk sekaligus meningkatkan minat dirgantara bagi generasi muda. "Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada TNI AU yang telah menginisiasi proses pembangunan Monumen Swa Bhuwana Paksa yang selanjutnya akan dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," Kata Joko. 



Selain itu Sekda DKI Jakarta juga menambahkan kegiatan ini merupakan satu dari berbagai macam kerjasama yang telah dilakukan untuk mewujudkan sinergitas antara TNI AU dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berharap dapat terus terjalin dengan baik hingga dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas terlaksannya pembangunan hingga peresmian monumen ini dengan baik dan lancar. "Pada hari yang berbahagia ini Pemda DKI Jakarta dan TNI AU bersama-sama membangun dan meresmikan Monumen pesawat A4 Swa Bhuwana Paksa di Taman Seno Tebet Barat, Jakarta Selatan," Ujar Kepala Staf TNI AU, Fadjar Prasetyo. Selain itu dirinya juga menambahkan serta berharap agar masyarakat Indonesia dapat mengenal lebih dekat tentang sejarah pengabdian pesawat A4 Sky Hawk, Tambahnya.

Sebagai informasi TNI Angkatan Udara bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun Monumen Pesawat A4 Sky Hawk di Tebet Barat, Jakarta Selatan yang diberi nama Swa Bhuwana Paksa sebagai bentuk wujud penghargaan sekaligus pewarisan nilai-nilai sejarah dan sebagai upaya pembinaan potensi dirgantara dalam rangka meningkatkan rasa bangga akan alat utama sistem senjata TNI AU yang hadir ditengah-tengah masyarakat. Pesawat A4 Sky Hawk bernomor registrasi TL-0419 diangkut dari Lanud Sultan Hasannudin dan diserah terimakan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

 

(adt)


Kembali ke halaman berita