Sekda Daerah Khusus Jakarta Buka Secara Resmi Kegiatan Inventarisasi BMD Peralatan dan Mesin Tahun 2024




(BPAD, Jakarta) BPAD Provinsi Daerah Khusus Jakarta menggelar Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah (BMD) Tahun 2024 di Ruang Pola, Balaikota. Sekretaris Daerah Khusus Jakarta, Joko Agus Setyono membuka secara langsung kegiatan Inventarisasi BMD Tahun 2024 kali ini yakni terhadap Kartu Inventaris Barang (KIB) B berupa Peralatan dan Mesin, Selasa (30/4/2024).

Inventarisasi BMD merupakan suatu proses yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan hal tersebut tercantum pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 47 Tahun 2021 tentang tata cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah, Kepgub Provinsi DKI Jakarta No. 52 Tahun 2023 serta Insekda No. 11 Tahun 2024 Tentang Pelaksanaan Inventarisasi BMD berupa Peralatan Dan Mesin pada Pengguna Barang dan Kuasa Pengguna Barang Tahun 2024.

Pada Tahun 2023 yang lalu juga telah dilaksanakan Inventarisasi BMD berupa Gedung dan Bangunan (KIB C) dan di Tahun 2024 ini inventarisasi BMD kembali dilakukan khusus Peralatan dan Mesin sehingga seluruh tahapan inventarisasi BMD pada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta selesai selama lima tahun yang diakhiri pada Tahun 2027 untuk BMD berupa Tanah atau KIB A.

Plt. Kepala BPAD, Lusiana Herawati dalam sambutannya menyampaikan inventarisasi BMD berupa peralatan dan mesin dilakukan di tahun ini dengan total register barang sebanyak 2,8 juta dengan Total Nilai sebesar 32,6 Triliun yang berada dalam penggunaan 751 Perangkat Daerah/ Unit Perangkat Daerah dan 1.982 Sekolah. Selain itu Lusiana juga menambahkan bahwa kegiatan inventarisasi BMD Tahun 2024 ini menjadi sasaran khusus Rencana Kinerja Para Kepala Daerah dan Kepala Unit Perangkat Daerah. "Kegiatan ini menjadi sasaran khusus rencana kinerja kepala OPD dengan indikator presentase target capaian kinerja pada triwulan I sebesar 5%, triwulan II 25%, triwulan III 55%, triwulan IV 100% dan target tahunan sebesar 100%," Kata Lusiana. 


Foto. Sekretaris Daerah, Joko Agus Setyono

Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Joko Agus Setyono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan inventarisasi BMD sebagai upaya pendataan atas aset Jakarta yang dilakukan secara periodik sekaligus sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelolaan BMD. "Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan BMD dan mempertahankan opini wtp maka saya harapkan Kepala OPD membentuk tim yang kuat dan bekerja sama dalam menuntaskan inventarisasi peralatan dan mesin tahun 2024," Ujar Joko. Selain itu Joko juga berharap peran aktif semua pihak untuk menuntaskan inventarisasi BMD sehingga tersedianya data BMD yang informatif dan akuntabel dalam upaya mewujudkan tertib administrasi dan tertib fisik, Tutup nya.

Lebih lanjut gelaran Kick Off Inventarisasi BMD berupa peralatan dan mesin tahun 2024 ditandai dengan penyerahan label Qr Code secara simbolis oleh Sekretaris Daerah, Joko Agus Setyono kepada Kepala Dinas Sosial Premi Lasari, Kepala Dinas Kebudayaan Iwan Henry Wardhana dan Sekretaris Dinas Pendidikan Taga.


(adt)


Kembali ke halaman berita