Sekretaris Kota Jakarta Selatan Buka Secara Resmi Tahapan Pelaksanaan Inventarisasi BMD Berupa Peralatan dan Mesin




(BPAD, Jakarta) Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Selatan membuka secara resmi tahapan pelaksanaan Inventarisasi Barang Milik Daerah (BMD) berupa peralatan dan mesin. Hal tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis label QR Code kepada Pengurus Barang di Ruang Antasari, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Suku Badan Pengelolaan Aset (SBPAD) Kota Administrasi (Adm) Jakarta Selatan menggelar roadshow kegiatan inventarisasi BMD peralatan dan mesin sekaligus menjadi kota administrasi pertama dalam rangkaian roadshow. Inventarisasi BMD berupa peralatan dan mesin di tahun 2024 ini merupakan amanat Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) No. 47 Tahun 2021 dimana Inventarisasi Barang Milik Daerah wajib dilakukan lima tahun sekali atau secara bertahap, Pasalnya, Inventarisasi BMD terakhir dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta pada Tahun 2018.

Kepala SBPAD Kota Jakarta Selatan, Imelda Majid, dalam laporannya menyampaikan sebanyak 185 Perangkat Daerah/ Unit Perangkat Daerah yang memiliki Kartu Inventaris Barang (KIB) berupa peralatan dan mesin di Jakarta Selatan sebanyak 523.895 register dengan total nilai kurang lebih 4,2 trilyun rupiah. "Untuk diketahui bersama ini menjadi sasaran khusus rencana kerja para kepala dengan beberapa indikator, mudah-mudahan target di Jakarta Selatan bisa tercapai," kata Imelda.

Sementara itu Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Ali Murthado, dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh jajaran di Kota Jakarta Selatan dapat menjalankan kegiatan inventarisasi ini dengan baik serta berperan aktif dengan memberikan dukungan konkret dalam memaksimalkan target-target yang telah ditetapkan. "Kewajiban kita adalah tanggung jawab kita secara sungguh-sungguh dan merupakan tugas kita semua, sekaligus amanah Pak Wali (Wali Kota Jakarta Selatan) untuk dilakukan sebaik-baiknya," tegas Seko Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Ali Murthado secara simbolis memberikan label QR Code kepada Pengurus Barang sekaligus menandai dimulainya tahapan pelaksanaan Inventarisasi Barang Milik Daerah berupa Peralatan dan Mesin di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan. Sebagai informasi Kota Jakarta Selatan menjadi kota pertama dalam gelaran roadshow Inventarisasi BMD berupa peralatan dan mesin yang dilakukan hari ini dilanjutkan oleh Kota Jakarta Utara, Jakarta Pusat, kemudian Kota Jakarta Barat pada hari Jumat, 17 Mei mendatang.


Kembali ke halaman berita