Wakil Bupati Kabupaten Bima Beserta 17 Camat Study Banding Mengenai Pengamanan dan Penatausahaan Aset




(BPAD, Jakarta) Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat mengunjungi Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta pada hari Kamis, 27 Oktober 2022 dalam program kegiatan Study Banding camat se-Kabupaten Bima ke Provinsi DKI Jakarta.


Kunjungan kerja ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bima, Dahlan M. Noer, beserta 17 kepala camat dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bima, sedangkan dari BPAD Provinsi DKI Jakarta dihadiri oleh Kepala BPAD, Reza Phahlevi; Sekretaris BPAD, Ireni; Kepala Bidang Perolehan Pembinaan Sengketa Aset, Riswan Sentosa, beserta jajaran Kepala Bidang BPAD. 


Reza beserta jajaran menyambut Kabupaten Bima di Ruang Aula lantai 4 BPAD, Gedung Dinas Teknis Abdul Muis. Dalam sambutannya Reza menjelaskan tentang profile BPAD Provinsi DKI Jakarta. “BPAD Provinsi DKI Jakarta ini memiliki visi yaitu penertiban aset.” Tambah Reza.


“Kami ingin mempelajari ilmu aset yang sekiranya sudah sama dengan yang ada di Kabupaten Bima, terutama dalam hal pengelolaan aset. Permasalahan yang kami hadapi ada di tanah tidak bergerak, jadi di kesempatan ini kami harap BPAD Provinsi DKI Jakarta dapat memberi saran strategis dalam menghadapi masalah tersebut.” Ucap Dahlan.


Terdapat tiga hal yang menjadi fokus utama di BPAD Provinsi DKI Jakarta menurut Reza, selaku kepala BPAD, yaitu; Pengamanan, Pemanfaatan, dan Pengelolaan. Dalam hal ini, BPAD Provinsi DKI Jakarta memiliki BLUD yaitu JAMC, yang bekerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk berfokus di Pajak Bumi Bangunan, reklame, dan pariwisata. 


Riswan menambahkan bahwa BPAD Provinsi DKI Jakarta juga bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional dan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pengamanan aset, sebagaimana hal ini juga menjawab atas pertanyaan dari Kabupaten Bima terkait tata acara mengamankan aset.



Kembali ke halaman berita