Jajaran BPAD Kompak Hadiri Tripartid Pembahasan TLHP BPK Semester I Tahun 2023




(BPAD, Jakarta) BPAD Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan pembahasan Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK Semester I Tahun Anggaran 2023 di BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, MT Haryono. Ireni mewakili Plt. Kepala BPAD turut serta dalam acara pembukaan pada hari Rabu, tanggal 12 Juli 2023. Acara pembukaan ini langsung diikuti oleh acara pembahasan yang berlangsung selama 5 hari yakni dimulai dari tanggal 12 Juli 2023 - 18 Juli 2023.

Subkelompok Pembinaan selaku Koordinator penyelesaian TLHP BPK serta para Pejabat Eselon III, Eselon IV, Ketua Subkelompok serta seluruh jajaran yang ditunjuk sebagai PIC turut hadir untuk membahas penyelesaian tindak lanjut rekomendasi temuan BPK baik terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT), dan Audit Kinerja Optimalisasi Aset Tahun 2022 maupun tahun-tahun sebelumnya yang belum terselesaikan.



"Dengan melaksanakan tindak lanjut, diharapkan tidak ditemukan lagi permasalahan yang signifikan serta temuan temuan yang berulang yang secara material dapat mengganggu kewajaran atas penyajian laporan keuangan ", ujar Joko Agus Setyono, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta. Joko juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan konsinyering sebagai bentuk percepatan penyelesaian rekomendasi yang diwadahi oleh Inspektorat.

"Untuk memastikan dan menuntaskan rekomendasi, inspektorat DKI telah melakukan reviu, verifikasi serta pendampingan kepada seluruh perangkat daerah melalui kegiatan konsinyering percepatan penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK yang dilaksanakan pada tanggal 3-6 juli 2023 lalu yang diikuti oleh OPD dan BUMD. Kegiatan konsinyering ini merupakan salah satu poin pemerintah provinsi dki jakarta yang berkomitmen tinggi untuk menyelesaikan seluruh rekomendasi pemeriksaan BPK.Dari kegiatan konsinyering tersebut terdapat 328 rekomendasi yang diusulkan status selesai", tegas Joko.


Pada Tripartid kali ini, BPAD Provinsi DKI Jakarta mengusulkan pembahasan atas 100 rekomendasi. 100 rekomendasi tersebut merupakan jumlah gabungan dari estimasi rekomendasi yang diusulkan selesai, rekomendasi yang bergeser dari belum ditindaklanjuti menjadi dalam proses karena merupakan rekomendasi yang baru diterima tahun ini, serta penyampaian update tindak lanjut yang signifikan meski belum dapat dinyatakan selesai. Diharapkan, pengusulan yang disampaikan oleh BPAD dapat diterima oleh BPK sesuai target dan dapat menjadi pelecut semangat yang lebih tinggi untuk penyelesaian rekomendasi TLHP BPK di Tripartid semester berikutnya.


Kembali ke halaman berita