Sebanyak 700 Sertifikat Tanah Elektronik Aset Jakarta Diserahkan Menteri ATR/BPN Kepada PJ Gubernur




(BPAD, Jakarta) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan sebanyak 700 sertifikat elektronik kepada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta. Serah terima sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono kepada PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono secara simbolis, Selasa (2/4/2024).

Bertempat di Balai Agung, Balaikota Jakarta serah terima sertifikat dilakukan bersamaan dengan kegiatan Deklarasi Kota Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap serta implementasi layanan elektronik Kantor Pertahanan Kota Administrasi Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

Kepala Kantor Wilayah BPN Daerah Khusus Jakarta, Allen Saputra dalam sambutannya menyampaikan ini merupakan komitmen nyata dan sinergi antara BPN dengan Pemerintah Daerah Jakarta dalam memberikan kepastian dan hak pendataan atas tanah dalam hal sertifikasi tanah elektronik. "Pada kesempatan yang berbahagia ini akan diserahkan sertifikat tanah elektronik sebanyak 703 sertifikat yang terdiri 3 sertifikat atas nama perorangan dan 700 sertifikat atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," Ujar Kakanwil BPN DKI Jakarta. 


Foto. Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta, Allen Saputra

Lebih lanjut Allen Saputra juga menambahkan 700 sertifikat tanah elektronik atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut berasal dari wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara sebanyak 685 sertifikat, Jakarta Selatan 2, Jakarta Barat 8 dan Jakarta Pusat sebanyak 5 sertifikat. "Dari 700 sertifikat kita berhasil menyelamatkan aset dengan nilai total sebesar sembilan trilyun lebih," Tambah Allen. Dirinya juga menambahkan ini merupakan kolaborasi dan kerjasama yang baik antara BPN DKI Jakarta dan BPAD DKI Jakarta serta tentunya arahan teknis dari Kementerian ATR/BPN dan PJ Gubenur DKI Jakarta.

Sementara itu Penjabat Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi hartono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian ATR/BPN. "Apresiasi saya kepada Kementerian ATR/BPN yang telah bersinergi dalam menyerahkan sertifikat elektronik atas aset milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta," Kata Heru.

Heru juga menambahkan dan berpesan agar seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dapat menjaga keamanan atas sertifikasi tanah elektronik aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berharap  dapat semakin meningkatkan sinergi dengan jajaran Kementerian ATR/BPN dimasa yang akan datang. 

 

(adt)


Kembali ke halaman berita