BPKAD Provinsi Jawa Barat : Niatan Kami Ingin Banyak Belajar




(BPAD Jakarta) Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkunjung ke BPAD Provinsi DKI Jakarta dalam rangka kunjungan kerja terkait pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Kunjungan kerja tersebut terfokus pada hal penatausahaan aset, Selasa (29/11).

Kunjungan kerja BPKAD Provinsi Jawa Barat diterima langsung oleh Kepala Bidang Penatausahaan Aset BPAD Provinsi DKI Jakarta, Ifan Mohammad F., Kepala Bidang Pengalihan Status dan Dokumentasi Aset, Fitri Ekawati Sutari dan jajaran BPAD lainnya yang hadir yakni Pusat Data dan Informasi, dan Bidang Perencanaan, Pemanfaatan dan Penilaian.

“Selamat datang Pak Aris dan Tim di BPAD Provinsi DKI Jakarta, kami banyak menerima kunjungan kerja yang dilakukan dari teman-teman Pemerintah Daerah lain terkait pengelolaan aset yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” Ujar Ifan kala membuka kunjungan kerja.


Foto. Kepala Bidang Pengeloaan BMD BPKAD Prov. Jawa Barat, Aris Dwi, Beserta Analis Keuangan Pusat dan Daerah, Novi Rahyanti

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan BMD, BPKAD Provinsi Jawa Barat, Aris Dwi menyampaikan ucapan terima kasih telah berkenan menerima kunjungannya bersama tim hari ini terkait pengelolaan BMD. Dirinya juga menambahkan bahwa kunjungan kerja ini dilakukan memang semata-semata untuk belajar. “Kami dari Bandung memang niatan untuk banyak belajar kesini, tentang bagaimana sih pengelolaan aset yang dilakukan di DKI Jakarta, bagaimana mekanisme penatausahaan asetnya,” Ujar Aris Dwi.

Tidak hanya itu Aris juga menyampaikan selain tentang penatausahaan aset, dirinya juga ingin mengetahui lebih lanjut tentang pemanfaatan dan teknis pendayagunaan aset. “Selain yang pokoknya mengenai pengelolaan BMD, kami juga ingin belajar mengenai pemanfaatan, karena kami mendengar DKI memiliki UPT khusus untuk pemanfaatan bahkan sudah berbentuk BLUD,” Tambah Aris.

Menanggapi hal tersebut Ifan menjelaskan lebih jauh bahwa terkait pemanfaatan yang bersifat komersil, BPAD memiliki BLUD Unit Pengelola Manajemen Aset / Jakarta Aset Management Center, dimana UPT tersebut memiliki tugas dan fungsi diantaranya membantu badan menyelenggarakan kegiatan teknis operasional optimalisasi pendayagunaan Barang Milik Daerah.


Foto. Suripto, Kala memaparkan Sistem dan Aplikasi Pengelolaan BMD BPAD Provinsi DKI Jakarta

Lebih lanjut jalannya kunjungan kerja dilanjutkan dengan paparan terkait pengelolaan Barang Milik Daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sekaligus sesi tanya jawab. Pemaparan materi sendiri mulai dari sejarah BPAD, alur siklus Barang Milik Daerah, hingga sistem dan aplikasi yang telah dibangun BPAD dalam mendukung pengelolaan Barang Milik Daerah.

Pemaparan sistem dan aplikasi dipaparkan langsung oleh Suripto selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pusat Data dan Informasi Aset, dengan menjelaskan Sistem Elektronik Rekonsiliasi Aset (SIERA) yang dibangun dalam mendukung penyusunan laporan keuangan hingga proses transaksi dan mutasi atas aset tetap hingga penjelasan terkait aplikasi mobile berbasis android.

 

(adt)


Kembali ke halaman berita