KPK Akan Kirim Satgas untuk Awasi Program Pemprov DKI




Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan koordinasi pencegahan korupsi. KPK akan mengirim Satuan Tugas (Satgas) untuk Pemprov DKI dalam rangka membantu pencegahan korupsi.

"Pak Alexander Marwata juga tadi menegaskan bahwa kami Pemprov DKI Jakarta nanti akan didukung oleh beberapa satgas dalam perjalanan di tahun 2023," kata Heru pada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Heru menjelaskan komitmen ini untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan koordinasi pencegahan korupsi. Heru berharap komunikasi Pemprov DKI dengan KPK terus berjalan dengan baik.

"Terima kasih juga kepada jajaran KPK yang telah mendukung. Mudah-mudahan melalui Inspektorat kita terus berkomunikasi. Lebih baik kita melakukan pencegahan korupsi. Pemberantasan korupsi harus diwujudkan dalam tindakan nyata,"ujar Heru.

Terkait kerja sama ini, Heru juga menginstruksikan kepada para Kepala Perangkat Daerah dan Direktur Utama BUMD agar selalu berkomitmen dan konsisten dalam melaksanakan seluruh program pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilaksanakan oleh KPK RI.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Itjen Kemendagri, BPKP, Kejaksaan Tinggi, KPK RI serta berbagai pihak yang telah membantu dan mengawal untuk mewujudkan akuntabilitas tata kelola pemerintahan yang baik pada Pemprov DKI Jakarta. Kami berharap dapat terus dibimbing dan didampingi agar kualitas pengelolaan keuangan dan layanan publik dapat terus meningkat dari waktu ke waktu," ungkapnya.

Heru menyebutkan beberapa keberhasilan Pemprov yang merupakan bentuk komitmen perbaikan pelaksanaan program pencegahan korupsi dan perbaikan tata kelola pemerintahan yang telah dilakukan, antara lain:

a. Membangun budaya antikorupsi, di antaranya melalui insersi pendidikan antikorupsi dan kampanye anti korupsi;

b. Penguatan tata kelola ASN melalui evaluasi jabatan, promosi, rotasi, dan mutasi basis kompetensi.

c. Proses perencanaan dan penganggaran yang transparan;

d. Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara elektronik sehingga lebih transparan dan akuntabel;

e. Peningkatan pelayanan perizinan melalui integrasi sistem dan penguatan pelayanan di mall pelayanan publik;

f. Optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi melalui sistem yang terintegrasi dan penerapan transaksi nontunai;

g. Penerapan manajemen risiko dan penguatan APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah);

h. Optimalisasi dan pengamanan aset daerah.

Sebelumnya, kegiatan Koordinasi Pencegahan Korupsi ini juga turut dilaksanakan serangkaian bentuk komitmen pencegahan korupsi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Pertama, penyerahan sertifikat tanah atas nama Pemprov DKI Jakarta atas kewajiban prasarana umum dari pengembang kepada Pemprov DKI Jakarta. Penyerahan sertifikat aset tanah ini diserahkan Direktur PT Gramedia, Rudi Hartono, dan Direktur Utama PT Kencana Unggul Sukses, Noer Indra Djaya, kepada Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta, Reza Pahlevi.

 

(zap/dhn)

 

Sumber Berita          : detik.com

Sumber Foto            : liputan6.com


Kembali ke halaman berita